Sushi dan Sashimi

25 06 2009

sushibsrAnda penggila sushi? Jika ya, tak ada salahnya jika makan siang kali ini bermenu sushi dan sashimi yang fresh. Dimana saja resto yang menawarkan hidangan khas Jepang ini, tentunya mulai dari yang all you can eat sampai yang a la carte. Yuk kita intip resto sushi oishi mana yang layak disinggahi siang ini!

Jika dulu sushi dan sashimi banyak dijumpai di buffet-buffet restoran yang ada di hotel, kini restoran yang menyajikan menu khusus sushi kian banyak bermunculan. Bicara soal sushi atau sashimi, barangkali yang terbayang di benak adalah ikan mentah. Jangan salah, karena tak semua sushi terbuat dari bahan-bahan mentah.

Contohnya saja jenis sushi yang berbentuk fusion, yaitu sushi yang memadukan gaya timur dan barat ini. Fusion sushi ini kini justru lebih populer dan cocok di lidah orang Indonesia. Selain memadukan bahan-bahan lokal, beberapa diantaranya
menggunakan bahan yang dimasak alias matang. Contoh fusion sushi yang cukup populer adalah California Roll, yang berisi kani (daging kepiting tiruan), alpukat, ketimun dan ditaburi tobiko.

Sushi tradisional antara lain sushi jenis Maki (Sushi Roll) yang berupa gulungan nasi dan nori dengan alat bantuan makisu agar gulungan sushi tampil cantik. Isinya pun beragam ada kani, tobiko, ikan atau udang. Ada pula sushi jenis Nigiri Sushi yang berupa kepalan nasi mungil, sekali suap yang diatasnya ditaruh berbagai topping seperti irisan ikan mentah(salmon, tuna) atau seafood. Te Maki Sushi sendiri mirip dengan sushi roll, namun bentuknya dibuat seperti kerucut atau cone ice cream.

Jika ada sushi maka pasti ada sashimi. Sashimi adalah irisan ikan mentah yang langsung dinikmati dengan cocolan shoyu. Untuk menghasilkan sashimi yang enak dan tidak amis dimakan, selain teknik mengiris ikan yang benar pemilihan ikan haruslah benar-benar segar. Jenis ikan yang digunakan biasanya ikan salmon, tuna, dan kakap.

Sebagai pelengkap menikmati sushi ini adalah shoyu atau kecap Jepang, gari dan wasabi. Biasanya untuk menikmatinya bagian topping sushi dicelupkan ke shoyu terlebih dahulu sebelum dinikmati. Rasa wasabi akan menambah sensasi pedas-pedas enak saat menikmatinya. Juga berfungsi untuk , mencegah sakit perut karena bakteri.

Jika pilihan makan siang Anda jatuh pada sushi, berikut restoran sushi yang bisa jadi pilihan:

Sushigroove
Setiabudi One Ground Floor
HR. Rasuna Said Kav. 62
Jakarta Selatan
Telp: 021-5225227

Poke Sushi
Crown Plaza Hotel
Gatot Subroto Kav, 2-3
Jakarta Selatan
Telp: 021-5220733

Sushi Tei
Pondok Indah Mall 2, Level 1 – 124
Jakarta Selatan
Telp: 021-75920800

Edogin Restaurant
Hotel Mulia Senayan Jakarta
Jl. Asia Afrika No. 8
Jakarta Selatan
Telp: 021-575327

Sushi Underground
Jl. Senopati No.92
Jakarta Selatan
Telp: 021-7254829


Actions

Information

2 responses

25 06 2009
noem3d

Numpang mampir ya bang edy..

25 06 2009
edy

Ok bang….silahkan……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: